Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 14 Juni 2009

CARA CEPAT BISA BACA KITAB

KATA PENGANTAR EDISI REVISI

Puji dan syukur penulis haturkan ke hadirat Allah s.w.t. yang telah memberikan ma’unah kepada penulis, sehingga revisi buku ini dapat terselesaikan. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi besar Muhammad s.a.w., kepada para kerabat, sahabat, dan seluruh umat beliau s.a.w. sampai hari kiamat. Amin.
Buku ini adalah revisi dari cetakan pertama yang telah dipakai oleh beberapa lembaga pendidikan Islam, terutama pondok-pondok pesantren. Atas saran berbagai pihak, terutama para kolega, buku ini perlu direvisi dan dicetak lagi karena memang dibutuhkan oleh berbagai kalangan yang ingin melakukan pembelajaran membaca kitab berbahasa Arab. Revisi yang dilakukan terutama pada performance buku dan beberapa kesalahan tulis, serta beberapa hal yang tidak berhubungan dengan isi dan materi.
Pada edisi yang lalu, buku ini dibuat menjadi tiga buku, yaitu buku kaidah, buku latihan dan buku kosakata. Akan tetapi pada edisi revisi ini, buku kaidah dan buku latihan dijadikan satu buku dan latihan-latihan diletakkan pada setiap akhir pelajaran. Sementara buku kosakata tetap dibuat terpisah. Hanya saja untuk lebih mempermudah mencari kosakata yang telah diajarkan pada saat para pengguna buku ini lupa terjemahnya, di akhir buku ini diberi semacam indeks kosakata. Indeks kosakata ini ditulis hanya bahasa Arabnya saja dan di belakangnya ditulis pelajaran dimana kosakata itu berada.
Buku kosakata ini dibuat dalam bentuk buku saku dan ditulis sesuai urutan peletakan pertama kosakata itu di dalam contoh-contoh kaidah dan di dalam latihan. Kosakata yang ada di dalam contoh-contoh kaidah dan latihan pelajaran 1 diletakkan pada bagian paling awal dari buku kosakata ini, dilanjutkan kosakata-kosakata yang dipakai pada pelajaran-pelajaran berikutnya dengan tanpa mengulang kosakata yang sudah dipelajari pada pelajaran sebelumnya.
Bentuk buku saku untuk buku kosakata dimaksudkan agar para pengguna metode pembelajaran ini dapat membawa buku itu kemana pun dan dapat dipelajari atau dihafalkan dimana pun dan kapan pun. Perpindahan kosakata dari satu pelajaran ke pelajaran berikutnya, di dalam buku kosakata, ditandai dengan angka (1) untuk pelajaran 1, angka (2) untuk pelajaran 2 dan seterusnya.
Kosakata bahasa Arab ditulis di dalam satu halaman tertentu, sedangkan terjemahnya dalam bahasa Indonesia ditulis di halaman sebaliknya. Hal ini dilakukan agar para pengguna buku ini dapat mengukur dirinya sendiri, apakah dia sudah hafal kosakata pada halaman itu dengan sempurna atau belum. Karena dia harus membuka halaman sebaliknya untuk mengetahui terjemahnya.
Akhirnya, penulis berharap buku ini dapat lebih bermanfaat bagi berbagai kalangan yang ingin melakukan pembelajaran membaca kitab, terutama kitab-kitab agama Islam, demi kejayaan Islam dan Muslimin. Amin. Wallâhu waliyyut taufîq.

Bantul, Februari 2008
Penulis,


H. M. Habib A. Syakur


JIKA ANDA INGIN BISA MEMBACA KITAB BERBAHASA ARAB DENGAN CEPAT DAN MUDAH IKUTI INSTRUKSI-INSTRUKSI YANG ADA!

HAFALKAN KOSAKATA-KOSAKATA BERIKUT INI!
(HURUF YANG TIDAK DIBERI HARAKAT BACALAH DENGAN FATCHAH, DAN HURUF TERAKHIR SEBAIKNYA DISUKUN DULU. TERJEMAH BAHASA INDONESIA TIDAK DITULIS DI SEBELAHNYA AGAR ANDA BISA MENGEVALUASI DIRI ANDA BAHWA ANDA SUDAH TAHU TERJEMAHANNYA. JADI SEBAIKNYA PADA SAAT MENGHAFALKAN KOSAKATA ARAB ANDA TIDAK PERLU MELIHAT TERJEMAHANNYA KECUALI PADA AWALNYA SAJA)

(1)
1. كِتاب

2. طهارة

3. اِسْم

4. الرّحْمن

5. الرّحِيْم

6. الحمْد

7. درْس

8. بيْت

طاوِلة

وُضُوْء

سُنّة

صلاة ج صلوات

مسْجِد

واجِب/ة

جمِيْل/ة

أكْبرُ

حفِظ – يحْفظُ

كتب – يكْتُبُ

قرأ – يقْرأُ

فِيْ

مِنْ

على

بـِ

لـِ



(1) BUKU

BERSUCI

NAMA

MAHA PENGASIH

MAHA PENYAYANG

SEGALA PUJI/PUJIAN

PELAJARAN/BELAJAR

RUMAH

MEJA

WUDHU

SUNAH

SHALAT

MASJID

WAJIB

BAGUS, CANTIK, INDAH

MAHA BESAR

MENGHAFAL

MENULIS

MEMBACA

DI, DI DALAM

DARI

DI ATAS

DENGAN

UNTUK, BAGI, MILIK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar