Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 21 Agustus 2011

Metode 33 Pelajaran 2

PELAJARAN 2
PEMBAGIAN ISIM, KESESUAIAN DALAM JUMLAH ISMIYYAH, MUBTADA` DAN KHABAR

KOSAKATA:
مدرس، مجتهد، اعتكاف، مستحب، استنجاء، متعلم، حاضر، ماء، طاهر، جديد، بئر، عميق، ركبة، طالب، مفروض، صالح، حافظ، ماهر، مرأة

KAIDAH:
3.a. Dalam bahasa Arab isim dilihat dari jenisnya ada dua, yaitu:
a. mudzakkar (laki-laki). Contoh: مُدرِّس (guru lk)
b. mu`annats (perempuan). Contoh: مُدرِّسة (guru pr)
Isim mudzakkar biasanya tidak ada ta` marbuthah (ة)nya. Sedangkan isim mu`annats biasanya memakai ta` marbuthah (ة)

3.b. Isim dilihat dari jumlahnya ada tiga, yaitu:
a. mufrad (tunggal/satu). Contoh: مُدرِّس (seorang guru lk)
b. mutsanna (dual/dua). Contoh: مُدرِّسانِ (dua orang guru lk)
c. jama’ (jamak/banyak). Contoh: مُدرِّسُوْن (guru-guru lk)
Dengan demikian pembagian isim seperti di atas dapat disederhanakan sebagai berikut:

Mufrad Mudzakkar مُدرِّس (seorang guru lk)
Mutsanna Mudzakkar مُدرِّسانِ (dua orang guru lk)
Jama’ Mudzakkar مُدرِّسُوْن (guru-guru lk)
Mufrad Mu`annats مُدرِّسة (seorang guru pr)
Mutsanna Mu`annats مُدرِّستانِ (dua orang guru pr)
Jama’ Mu`annats مُدرِّساتٌ (guru-guru pr)

Catatan:
Perhatikan cara membuat isim mufrad menjadi mutsanna dan jama’ di bawah ini:
1. Untuk membuat isim mutsanna yaitu dengan menambahkan alif dan nun di akhir kata, baik mudzakkar maupun mu`annats. Contoh: مُدرِّس menjadi مُدرِّسانِ
2. Untuk membuat jama’ mudzakkar yaitu dengan menambahkan waw dan nun di akhir kata. Contoh: مُدرِّس menjadi مُدرِّسُوْن
3. Untuk membuat jama’ mu`annats yaitu dengan menghilangkan ta` marbuthah (ة) pada isim mufrad mu`annatsnya lalu menambahkan alif (ا) dan ta` majrurah (ت) di akhir kata. Contoh: مُدرِّسة menjadi مُدرِّساتٌ

4.a. Jumlah Ismiyyah minimal terdiri dari dua komponen pokok, yaitu mubtada` (subyek) dan khabar (predikat). Mubtada` biasanya ada di depan dan khabar biasanya berada setelahnya. Contoh: الْمُدرِّسُ مُجْتهِدٌ(Guru (itu) rajin).
الْمُدرِّسُ adalah mubtada`, sedangkan مُجْتهِدٌ adalah khabar.

4.b. Antara mubtada` dan khabar harus ada kesesuaian dalam jenis (mudzakkar atau mu’annatsnya) dan jumlah/adad (mufrad, mutsanna atau jama’nya). Apabila disederhanakan menjadi sebagai berikut:

Mufrad Mudzakkar الْمُدرِّسُ مُجْتهِدٌ Guru lk (itu) rajin
Mutsanna Mudzakkar الْمُدرِّسانِ مُجْتهِدانِ Dua guru lk (itu) rajin
Jama’ Mudzakkar الْمُدرِّسُوْن مُجْتهِدُوْن Guru-guru lk (itu) rajin
Mufrad Mu`annats الْمُدرِّسةُ مُجْتهِدةٌ Guru pr (itu) rajin
Mutsanna Mu`annats الْمُدرِّستانِ مُجْتهِدتانِ Dua guru pr (itu) rajin
Jama’Mu`annats الْمُدرِّساتُ مُجْتهِداتٌ Guru-guru pr (itu) rajin


LATIHAN
1. Bacalah teks berikut ini kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
الماء طاهر// المتعلمون جديدون// الطهارة واجبة// المدرسان حاضران// الاستنجاء واجب// الاعتكاف مستحبّ// المتعلمتان مجتهدتان// قرأ المتعلمان القرآن// المدرسات جميلات// يحفظ المتعلم الدرس// الطاولة جديدة// الكتاب على الطاولة//
2. Sebutkan mana mubtada` dan khabarnya, mana mudzakkar dan mu`annatsnya, dan mana mufrad, mutsanna dan jama’nya!
3. Sebutkan nama isim-isim berikut ini!
Contoh: مدرّس = mufrad mudzakkar.
بئر// عميقان// ركبتان// كبيرون// طالبة// صلوات// مفروضة// صالحات// حافظان// ماهرون// مرأة// مُدرِّستان// مجتهدات// اعتكاف// مستحبّون// استنجاء// متعلّمان// حاضرة// ماء// طاهرتان// جديدات//
4. Kalimat-kalimat berikut ini salah. Coba betulkan dan berikan alasannya, kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
الطالبات جديدة// البئر عميقتان// الركبتان كبير// المتعلمون مجتهدات// الاستنجاء واجبان// المدرسان صالحتان// المرأة متعلم// الطالبان مجتهدون// الماء طاهرة//

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar