Minggu, 21 Agustus 2011

Metode 33 Pelajaran 3

PELAJARAN 3
JAMA’ TAKSIR
KOSAKATA:
رجل، نافع، سهل، عالم، نظيف، جلد، صديق، حجر، طالب، مسجد، سنة، خصلة، موضع، فرض، أصبع، جمرة، شرط، قسم، شيء، فريضة
KAIDAH:
5.a. Jama’ yang sudah dijelaskan pada kaidah 3.b. di dalam tata bahasa Arab disebut jama’ mudzakkar salim untuk jama’ laki-laki dan jama’ mu`annats salim untuk jama’ perempuan. Jadi kata مُدرِّسُوْن adalah jama’ mudzakkar salim dan kata مُدرِّساتٌ adalah jama’ mu`annats salim.
Di dalam bahasa Arab masih ada satu jama’ lagi, yaitu jama’ taksir. Kalau jama’ mudzakkar salim akhirnya ditambah huruf waw dan nun, sementara jama’ mu`annats salim akhirnya ditambah huruf alif dan ta`, maka jama’ taksir adalah jama’ yang berubah dari bentuk mufradnya. Jama’ taksir disebut juga jamak yang tidak beraturan.
Contoh:
رجُلٌ jama’nya رِجالٌ,
كِتابٌ jama’nya كُتُبٌ.
Untuk mengetahui jama’ taksirnya suatu kata sebaiknya dihafal.
5.b. Jama’ taksir ada yang berakal dan ada yang tidak berakal. Jika tidak berakal hukumnya sama dengan mu`annats mufrad, sedangkan jika berakal, kalau mudzakkar hukumnya sama dengan jama’ mudzakkar salim dan kalau mu`annats hukumnya sama dengan jama’ mu`annats salim.
Begitu pula halnya dengan jama’ mu`annats salim, jika berakal hukumnya jama’ dan jika tidak berakal hukumnya mu`annats mufrad.
Coba lihat contoh berikut ini:
Jama’ taksir berakal dalam jumlah ismiyyah
الرِّجالُ صالِحُوْن orang-orang laki-laki (itu) saleh
النِّساءُ صالِحاتٌ
orang-orang perempuan (itu) saleh

Jama’ taksir tidak berakal dalam jumlah ismiyyah
الكُتُبُ جدِيْدةٌ buku-buku (itu) baru
الرُّكبُ كبِيْرةٌ lutut-lutut (itu) besar

LATIHAN
1. Bacalah teks berikut ini kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
الكتب نافعة// الطالبات مجتهدات// الدروس سهلة// المدرّسون عالمون// البيوت كبيرة// الطلّاب مجتهدون// المساجد نظيفة// المياه طاهرة// النساء صالحات// الرجال عالمون// الجلود طاهرة// الأصدقاء حاضرون// الأحجار كبيرة// السنن مستحبّة// الآبار عميقة//
2. Kalimat-kalimat berikut ini salah. Coba betulkan dan berikan alasannya, kemudian terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia!
الطالبات مجتهدة// البيوت كبيرات// الرجال عالم// السنن مستحبّ// المتعلّمون مجتهدان// المدرس ماهرون// الطالبات حافظة// الركب كبير// المياه نظيفون//
3. Hafalkan isim mufrad dan jama’ taksir berikut ini!
كِتاب ج كُتُب// درْس ج دُرُوس// بيْت ج بُيُوت// مسجِد ج مساجد// ماء ج مِياه// بِئر ج آبار// حجر ج أحْجار// سُنّة ج سُنن// جُمْرة ج جِمار// شرْط ج شُرُوط، شرائِط// قِسْم ج أقْسام// فرِيضة ج فرائِض// مرْأة ج نِساء// رجُل ج رِجال// جِلْد ج جُلُود// خصْلة ج خِصال// صديق ج أصْدِقاء// شيْء ج أشْياء// طالِب ج طُلّاب// رُكْبة ج رُكب// موْضِع ج مواضِع// فرْض ج فُرُوض// أصْبُع ج أصابِع//

4 komentar:

  1. Punten Q mo Nanya ,,,
    Katanya hurup هـ itu mabni . Tapi mengapa Ha' bisa di baca Hi' Kaya بهِ dan Ha' Kaya بيتَهُ . Dalam segi apakah Ha' ( هـ ) itu mabni ???
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. @Kholid mawardi: Perubahan harakat pada ha' dhamir itu bukan karena i'rab, tetapi karena adanya kesulitan membaca...
    Ada yang mabni sukun malah kemudian difathah, contoh: من المسجد, nun pada min yang mabni sukun itu difathah karena ada dua sukun yang bertemu, sehingga tidak bisa dibaca kalau tidak difathah.
    contoh lain: عن الناس, nun pada 'an itu mabni sukun, tapi kemudian dikasrah.

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat sekali ustadz syukron. jazakallahu khoiron

    BalasHapus
  4. Kenapa hukum isim mufrad dan jamak taksir sama??

    BalasHapus